PESAN !

BLOGSPOT

hmm

DAFTAR ISI

KEMBANG API !


SMS GRATIS !

Sabtu, 15 September 2012

Cara belajar Rap buat Pemula

Cara simpel memahami lantunan rap

Kalo kita ke bare bone basics nya, rap itu sama dengan perkusi yang dibuat dengan kata-kata.

Coba aja, pikirin lagu rap favorit kita, terus kita ganti setiap suku katanya dengan suara “duh” atau suara-suara conga. Dengan itu kita bisa pahamin bagaimana hubungan antara rap sama ketukan. Yang bakal kita temuin itu adalah rap itu ngikutin ketukan dengan persis.

Untuk yang nggak biasa bawain musik rap, ini perlu banyak latihan dan perlu banyak dengerin musik-musik rap populer (jangan yang terlalu Indie, soalnya kalo lo mau populer, lo mesti belajar ama yang populer, jangan ama yang underground). Kalo gue sendiri, rapper-rapper yang menurut gue flow nya asik dan kreatif itu De La Soul, A Tribe Called Quest, Wu Tang Clan, Will Smith, juga rapper-rapper billboard jaman sekarang seperti T.I., Lil Wayne, Kanye West, Black Eyed Peas… Kalo lo mau referensi untuk rap Indonesia, flow yang asik bisa lo denger dari musiknya Iwa K, Soul ID, Saykoji…
 
Kenapa bisa susah ngikutin ketukan sih?

Kalo kita dikasih lagu rap yang lari dari ketukan, pasti nggak enak didenger. Itu seperti dengerin nyanyian yang fales. Juga kalo kita sebagai newbie dalam bikin lagu-lagu rap (yang gue sebut newbie itu maksudnya pengalaman nulis lagunya belum sampe setahun), kita bakal sering lari dari beat dan sama sekali nggak bisa diadu tekniknya sama rapper-rapper populer yang gue sebut tadi. Ini ada beberapa faktor:
 
  1. Masih baru, tapi udah pengen nge-rap cepet-cepet. Mulai dari yang lambat aja, yang penting ngikutin tempo – FLOW.
  2. Nge-rap dalam bahasa yang lo nggak fasih. Contohnya nge-rap dalam bahasa inggris atau bahasa jerman atau apa kek yang lo nggak fasih en nggak alami logatnya. Ini beda dari nyanyi, bros and sisses, dimana kalo nyanyi itu tinggal ngafalin aja melodinya masih bisa enak didenger, tapi kalo rap beda. Jadi kalo lo nggak pinter bahasa barat, lo bahasa indonesia aja.
  3. Kurang konsentrasi ke beatnya, temponya, jadi tanpa disadarin taunya udah lari aja.

Mau tau nggak teknik paling nomer satu untuk nguasain rap?

Gampang banget. Jawabannya cuman satu: pilih satu lagu populer yang rap nya asik dan bawain tuh lagu sampe dapet flow seperti yang aslinya. Contohnya, kita pilih lagu saykoji "sho what gitu lohh". Bawain tuh lagu sampe dapet.
TERUSS… setelah lo dapet, coba aja lo ganti kata-katanya pake kata-kata lo sendiri. tapi jangan ngambil liriknya Sob cuma buat blajar aja, lebih baik bikin lirik sendir...
Udah gitu aja, sorry klo masih banyak keterbatasan karena yang posting juga masih dalam tahap belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar